Sense of Humor

Sense of humor merupakan istilah luas yang memacu pada orang katakan. Sense of humor dianggap lucu dan cenderung membuat orang lain tertawa, serta proses mental yang masuk dalam menciptakan dan memahami suatu stimulus lucu dan respon aktif yang terlibat dalam menikmati humor. Ciri – ciri sense of humor yaitu orang yang secara signifikan dinilai sebagai orang yang ramah, menyenangkankan, menarik, imajinatif, kreatif, pintar, mengagumkan, cerdas dan tanggap serta kurang mengeluh. Jadi, dapat di simpulkan bahwa sense of humor adalah kemampuan seseorang untuk mengapresiasikan, menciptakan, dan mengekspresikan untuk mengundang persaan senang terhadap orang lain.

Kelly menyatakan bahwa salah satu keuntungan besar memiliki sense of humor adalah pengaruhnya pada kesehatan. Pertama, humor bisa mengantar hubungan sosial yang berdampak pada kesehatan. Kedua, humor secara langsung mempunyai efek pada tingkat stres. Ketiga, proses fsiologi yang dipengaruhi oleh humor, contohnya tertawa dapat menurangi ketegangan saraf. Seorang guru yang memilki sense of humor dapat membawa pengaruh baik untuk situasi belajar mengajar. agar proses pembelajaran berjalan dengan nyaman dan menyenangkan tentu diperlukan seorang guru yang memiliki selera humor. Guru sangat berperan penting dalam membangun kondusi belajar mengajar yang konusif, untuk itu kemampuan humor guru adalah salah satu alat menciptakan belajar mengajar yang menyenangkan. Humor dapat mendorong peserta didik menjadi senang dan nyaman dalam belajar. Rasa senang dan nyaman yang dimiliki siswa saat belajar akan berpengaruh pada hasil pencapaian belajar yang baik dan optimal.

SUMBER : 
  • Kristiandi, hubungan presepsi siswa terhadap sense of humor guru dengan motivasi belajarkelas 7 internasioanal SMA 1 Medan, SKRIPSI, (Medan : UNIVERSITAS SUMATERA UTARA. 2009)

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Ilmu Al Jarh wa Al Ta’dil

MAKALAH ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN

Doktin Doktrin Qodariyah

Pengertian Pertumbuhan Perusahaan (Growth)

Pengertian Wisatawan