PENDAPATAN KARYAWAN

Pertanian adalah sektor yang berperan penting dalam pembangunan Indonesia khususnya dibidang perekonomian antara lain dalam memperluas lapangan kerja dan menyediakan bahan baku industri serta meningkatkan taraf ekonomi rakyat, sektor pertanian merupakan tulang punggung perekonomian rakyat karena itu harus ditingkatkan untuk dapat meningkatkan pembangunan sektor pertanian tersebut, maka harus diketahui usaha tani dan lahan yang cocok dan yang mendukungnya.

Tujuan pembangunan pertanian secara garis besar adalah untuk meninkatkan produksi dan pendapatan masyarakat yang dihadapkan pada berbagai tantangan pembangunan pertanian dimasa mendatang yang cukup kompleks, antara lain jumlah penduduk yang besar dan terus bertambah yang tak bisa dielakkan, untuk itu perlunya peningkatan hasil pertanian yang telah dicapai disuatu wilayah dengan cara meningkatkan kemampuan petani dalam menerapkan iptek/ teknologi pertanian. Dimana pertanian di Indonesia masih dicirikan oleh usaha skala kecil yang dilaksanakan berjuta-juta petani serta pendapatan petani, peternakan dan nelayan jauh lebih rendah dari mereka yang bekerja disektor lain.

Pembangunan merupakan suatu proses atau usaha yang dilakukan oleh pemerintah suatu negara dalam rangka menciptakan suatu kondisi kehidupan masyarakat yang baik, baik kondisi sosial, ekonomi, politik dan budaya. Kegiatan pembangunan tersebut dilakukan dengan memaksimalkan penggunaan berbagai sumber yang ada, antara lain sumber daya alam, teknologi yang dimiliki, sumber daya manusia (tenaga kerja) maupun modal atau dana yang tersedia.

Pemerintah dituntut untuk mencari alternatif sumber pembiayaan pembangunan tanpa mengurangi harapan masih adanya berbagai bantuan dari pihak manapun serta menarik investor asing agar bersama-sama swasta domestik mampu mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Dengan demikian laju pertumbuhan ekonomi mengakibatkan semakin tingginya aktivitas pembangunan yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Indonesia. Peranan investor swasta, BUMN dan BUMD sangat diharapkan sebagai pemacu utama pertumbuhan dan pembangunan ekonomi daerah. Sebagai organisasi yang dituntut dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, peran BUMN menjadi sangat penting. Dengan memperbaiki kinerjanya, BUMN diharapkan dapat membangun beban fiskal pemerintah dan dalam jangka panjang BUMN mampu meningkatkan pendapatan negara dari pajak sebagai hasil dari peningkatan produktivitas dan efisiensi BUMN. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan adanya penataan terhadap BUMN seperti yang telah dimanfaatkan dalam arah kebijakan pokok GBHN.


Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Ilmu Al Jarh wa Al Ta’dil

MAKALAH ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN

Doktin Doktrin Qodariyah

Pengertian Pertumbuhan Perusahaan (Growth)

Pengertian Wisatawan