SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA

Sebagai negara berkembang Indonesia saat ini sedang giat-giatnya melaksanakan perkembangan di segala bidang termasuk dalam bidang kesehatan. Saat ini komputer sebagai salah satu wujud dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern merupakan sarana yang besar manfaatnya dalam membantu menyelesaikan suatu pekerjaan dengan cepat dan akurat sehinga dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Dengan memanfaatkan kelebihan komputer yang dapat menangani input, proses, dan output pengolahan data dengan jumlah yang banyak sehingga menghasilkan suatu informasi yang akurat, salah satunya dalam suatu sistem komputerisasi yang dapat memberi kemudahan bagi Puskesmas Desa Gedang Sungai Penuh dalam mengolah data obat-obatan yang masuk maupun keluar. Pada Puskesmas Desa Gedang Sungai Penuh untuk melakukan pengolahan persediaan obat sudah menggunakan sistem komputerisasi, yaitu dengan memanfaat kan microsoft office excel sebagai alat untuk pembuatan laporan obat masuk dan juga obat keluar. Pada kesempatan ini penulis ingin melakukan pengembangan dalam pembuatan laporan persediaan obat masuk dan obat keluar yang berbasis kan aplikasi. Yang mana begitu banyak kunjungan pasien ± (lebih kurang) 2792 pasien perbulan jumlah itu sudah termasuk pasien umum dan juga pasien askes, dan obat yang keluar pada puskesmas desa gedang adalah berkisaran antara 50-70 jenis obat setiap hari nya . yang mana transaksi persedian obat yang terjadi dilakukan perbulan bisa ± (lebih kurang) sampai 5 (lima) kali dalam sebulan, tergantung dari persediaan yang masih ada.

Berdasarkan permasalahan diatas, penulis tertarik untuk menjadikan Puskesmas Desa Gedang Sungai Penuh dibagian Pengolahan Data Persediaan Obat-obatan sebagai bahan laporan skripsi dalam upaya merancang suatu program dan laporannya diharapkan lebih efektif dan efisien serta pengolahanya dapat memberi suatu informasi yang dibutuhkan bagi yang berkepentingan di Puskesmas Desa Gedang Sungai Penuh, dan penulis akan mengembangkan dalam bentuk penulisan skripsi dengan judul ”Sistem Informasi Pengolahan Data Persediaan Obat-obatan di Puskesmas Desa Gedang Sungai Penuh Menggunakan Bahasa Pemograman Visual Basic 6.0 “.


Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Ilmu Al Jarh wa Al Ta’dil

MAKALAH ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN

Doktin Doktrin Qodariyah

Pengertian Pertumbuhan Perusahaan (Growth)

Pengertian Wisatawan