Pengertian Ekspor

Ekspor

Pengertian Ekspor

Menurut Todaro (2008:620) ekspor adalah kegiatan perdagangan internasional yang dapat meningkatkan permintaan dalam negeri yang menyebabkan tumbuhnya industri-industri pabrik besar. Dalam melakukan ekspor atau kegiatan produksi, modal kerja menjadi hal yang sangat penting. Perusahaan membutuhkan modal kerja dalam menjalankan aktifitasnya.

Modal kerja merupakan faktor yang sangat penting dalam perusahaan, proses ini seringkali digunakan oleh perusahaan dengan skala bisnis kecil sampai menengah sebagai strategi utama untuk bersaing di tingkat internasional. Strategi ekspor digunakan karena risiko lebih rendah, modal lebih kecil dan lebih mudah bila dibandingkan dengan strategi lainnya. Strategi lainnya misalnya franchise dan akuisisi.

Kegiatan Ekspor

Kegiatan ekspor terbagi menjadi 2 yaitu:
  1. Ekspor langsung. Ekspor langsung adalah cara menjual barang atau jasa melalui perantara/ eksportir yang bertempat di negara lain atau negara tujuan ekspor. Penjualan dilakukan melalui distributor dan perwakilan penjualan perusahaan. Keuntungannya, produksi terpusat di negara asal dan kontrol terhadap distribusi lebih baik. Kelemahannya, biaya transportasi lebih tinggi untuk produk dalam skala besar dan adanya hambatan perdagangan serta proteksionisme.
  2. Ekspor tidak langsung. Ekspor tidak langsung adalah teknik di mana barang dijual melalui perantara/eksportir negara asal kemudian dijual oleh perantara tersebut. Melalui, perusahaan manajemen ekspor (export management companies) dan perusahaan pengekspor (export trading companies). Kelebihannya, sumber daya produksi terkonsentrasi dan tidak perlu menangani ekspor secara langsung. Kelemahannya, kontrol terhadap distribusi kurang dan pengetahuan terhadap operasi di negara lain kurang. Umumnya, industri jasa menggunakan ekspor langsung sedangkan industri manufaktur menggunakan keduanya.
Manfaat dan Tujuan Ekspor

Manfaat Ekspor

Adapun manfaat dari kegiatan ekspor adalah meningkatkan daya saing dalam bidang perdagangan internasional, memperluas pemasaran suatu produk, memproleh keuntungan yang lebih maksimal, meningkatkan nilai investasi, membantu perekonomian Negara, meningkatkan hubungan internasional dibidang ekonomi, meningkatkan skala produksi, memperoleh informasi perekonomian dari Negara lain, meningkatkan kesejahteraan rakyat, mengenalkan produk dalam negeri dan membantu memperkenalkan identitas Negara melalui produk yang dihasilkan.

Tujuan Ekspor

Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai berikut:
  1. Memperluas pemasaran bagi berbagai produk dalam negeri. Kegiatan ekspor ditujukan untuk memasarkan barang-barang yang diproduksi didalam negeri keluar negeri. Semakin luas pemasarannya maka semakin banyak keuntungan yang didapatkan.
  2. Menciptakan iklim usaha yang kondusif. Iklim usaha di ssuatu Negara akan semakin kondusif jika kegiatan ekspornya berjalan lancar.
  3. Menjaga Kestabilan kurs valuta asing. Kurs valuta asing mempengaruhi ekonomi dalam negeri, sehingga dengan adanya kegiatan ekspor ini akan membantu agar kurs valuta asing tetap stabil. 
  4. Mengendalikan harga produk ekspor dalam negeri. Harga produk ekspor dalam negeri perlu dikendalikan dengan menjaga kegiatan ekspor terus berjalan sehingga barang dalam negeri kualitasnya dianggap baik secara internasional.

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Ilmu Al Jarh wa Al Ta’dil

MAKALAH ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN

Doktin Doktrin Qodariyah

Pengertian Pertumbuhan Perusahaan (Growth)

Pengertian Wisatawan